28.6 C
Mamuju
Wednesday, July 24, 2024
spot_imgspot_img

Menpora Resmi Buka POPNAS XVI Sumsel, Safaruddin Yakin Atlet Sulbar Raih Medali

SULBARTERKINI.COM, Palembang — Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) 2023 resmi dibuka.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, didampingi Gubernur Sumsel, H Herman Deru, resmi membuka Popnas XVI Sumatera Selatan 2023, di Palembang Sport And Convention Center (PSCC), Minggu (27/8/23) malam.

Ribuan kontingen Popnas 2023 yang terdiri dari 34 Provinsi se Indonesia, dengan total atlet dan official sebanyak 6.998 bakal mengikuti 22 Cabang Olahraga (Cabor) yang diperlombakan.

Sebelum dibuka, perwakilan kontingen dari seluruh Provinsi secara berurutan melakukan defile dan menyapa para penonton dan tamu undangan.

Kontingen Sulawesi Barat tampil di urutan kelima setelah Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara.

Kontingen Sulbar terdiri dari 51 atlet, 16 pelatih, 16 official dan pendamping. Total keseluruhan sebanyak 87 orang yang dikomandoi langsung oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulbar, Safaruddin Sanusi DM.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, saat membuka acara mengatakan, Popnas ke XVI tahun 2023 yang digelar di Provinsi Sumatera Selatan merupakan agenda besar bagi atlet pelajar di Indonesia.

Dia mengaku, melalui agenda besar ini, pemerintah dapat melihat bakat atlet dari pelajar yang nantinya akan dikembangkan ke tingkat yang lebih tinggi.

“Melalui Popnas dapat memberikan peluang bagi pelajar di dalam dan di luar lapangan, agar lebih tangguh dan tangkas,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Dispora Sulbar, Safaruddin Sanusi DM saat ditemui wartawan mengaku, kontingen Sulbar sudah sangat siap untuk mengikuti avent olahraga tingkat pelajar bergengsi ini.

“Tentunya dari 34 Provinsi yang ikut dengan 22 cabang olahraga yang dipetandingkan, Sulbar ikuti sebanyak 9 cabang olahraga. Dan saya memastikan semuanya kita unggulkan di Sulbar, seperti sepeda, dayung, atletik, kemudian cabang olahraga lain seperti takraw, karate, panahan, menembak dan sebagainya. Kita sudah siap,” jelas Safaruddin.

Dari 51 atlet, kata Safaruddin, semua yang akan berlaga diyakini memiliki kualifikasi dan kualitas yang mumpuni.

Apalagi, menurut Safaruddin, sebelum berangkat ke arena Popnas Palembang, para atlet telah mengikuti Training Centre (TC) pemusatan latihan di asrama haji Mamuju sekitar 2 Minggu, terhitung dari tanggal 11 hingga 25 Agustus 2023.

Pemusatan latihan khusus yang dilakukan para pelatih ini dapat menggembleng para atlet untuk mendapatkan prestasi di ajang Popnas kali ini.

“Yang pasti kita bawa atlet berkualitas. Apalagi sudah pernah menjuarai event sebelumnya seperti Pra PON dan mengalahkan sejumlah provinsi yang lebih besar,” ungkapnya.

Karena itu, tambah Safaruddin, sesuai arahan dan support dari Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar, Prof Zudan Arif Fakhrulloh, agar kontingen Sulbar dapat menampilkan permainan terbaik, meskipun jumlah yang ikut dalam Popnas ini hanya 51 atlet dengan mengikuti 9 cabang olahraga.

“Pak Pj Gubernur bilang jangan lihat kuantitas atau jumlahnya, tapi lihat kualitasnya. Beliau juga berpesan agar kita menjunjung tinggi sportifitas, karena sportifitas adalah mahkota olahraga,” tutur Safaruddin.

Seiring dengan pesan Menpora RI, Safaruddin juga optimis atlet Sulbar dapat menunjukkan prestasinya dan dapat menembus event olahraga di tingkat yang lebih tinggi.

“Dan Sulbar tentu siap Go Internasional. Apalagi sudah ada contohnya seperti Ramlah yang pernah go internasional. Termasuk juga takraw. Karena itu, Doa masyarakat Sulbar juga sangat kita harapkan, agar kita dapat meraih prestasi yang gemilang,” ujarnya.

Mantan Kepala Dinas Kominfo Sulbar ini juga berharap, melalui event ini, kontingen Sulbar dapat mempersembahkan medali emas sebagai kado Hari Ulang Tahun (HUT) Sulbar ke 19.

“Saya harapkan kita dapat medali emas sebagai kado Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulbar yang ke 19 Tahun. Dan sesuai arahan Pak Pj Gubernur, tentu Pemerintah akan memberikan apresiasi bagi yang berhasil meraih medali, baik medali emas atau medali lainnya. Dan apresiasi itu akan diberikan pada momentum Hari Ulang Tahun Sulbar pada bulan September 2023 ini” harapnya.

Sekadar diketahui, dari 22 cabor yang diikuti 34 Provinsi, akan memperebutkan sebanyak 1.443 medali. Masing-masing medali terbagi menjadi 339 emas, 339 perak,dan 765 perunggu.

Cabor akan dipertandingkan di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, dan sisanya digelar di masing-masing tempat yang telah disediakan oleh panitia atau tuan rumah.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Terbaru