25.8 C
Mamuju
Wednesday, June 12, 2024
spot_imgspot_img

Dinkes Mamuju Catat 8 Orang Warga Simboro Terjangkit DBD

SULBARTERKINI.COM,MAMUJU–Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) mencatat sebanyak 8 warga di Kecamatan Simboro terjangkit demam berdarah dengue (DBD) selama April 2024. Warga yang terjangkit terdiri dari balita hingga dewasa.

“Kasus DBD April 2024 UPTD Puskesmas Rangas ada 8 warga,” ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Mamuju Fatmawati Sewang kepada sulbarpediacom, Senin (27/5/204).

Fatwa menuturkan dari 8 warga terjangkit, 3 orang di antaranya balita, 3 anak-anak hingga remaja dan 2 orang dewasa. Mereka beralamat di Kelurahan Rangas dan Simboro, Kecamatan Simboro.

“Ada yang beralamat di Sese, Simbuang dan Jalan Martadinata,” terangnya.

Firmawati menyebut pihaknya akan melakukan fogging sebagai salah satu upaya pencegahan penularan DBD. Selain itu, pihaknya juga memberikan penyuluhan tentang Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) yaitu menguras, menutup dan memanfaatkan kembali limbah barang bekas yang bernilai ekonomis (daur ulang) (3M) Plus.

“Plusnya adalah bentuk upaya pencegahan tambahan seperti memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi, gotong royong membersihkan lingkungan, periksa tempat-tempat penampungan air, meletakkan pakaian bekas pakai dalam wadah tertutup,” kata Firma.

“Memberikan larvasida pada penampungan air yang susah dikuras, memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancer serta menanam tanaman pengusir nyamuk,” tambahnya.(Adv)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Terbaru