26.8 C
Mamuju
Friday, May 24, 2024
spot_imgspot_img

Tim Fisik Kemenpora Gelar Bleep Test untuk Mengevaluasi Kondisi Fisik Atlet PPLP Sulbar

SULBARTERKINI.COM, Mamuju — Tim Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyelenggarakan uji kebugaran fisik dibentuk Bleep Test bagi para atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) di Sulawesi Barat (Sulbar), Senin (6/5/24).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kebugaran fisik atlet dan memperoleh data yang berkualitas guna mendukung peningkatan kinerja mereka di masa depan.

“Para atlet PPLP Sulbar menjalani Bleep Test dengan penuh semangat dan determinasi,” ujar Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Sulbar, Safaruddin Sanusi DM.

Di bawah bimbingan ahli olahraga dari Kemenpora, uji kebugaran ini melibatkan sprint berulang-ulang antara dua titik dengan jarak yang semakin meningkat, diiringi dengan bunyi ‘bleep’ sebagai sinyal pergantian lintasan.

Melalui Bleep Test, tim fisik Kemenpora dapat mengukur daya tahan, kecepatan, dan kapasitas kardiorespirasi atlet secara langsung.

Menurut Safaruddin, Bleep Test, atau yang juga dikenal sebagai Tes Tes Lari Bertahap, merupakan uji coba yang sering digunakan untuk mengukur daya tahan aerobik atlet dalam berlari.

Kepala Tim Fisik Kemenpora menjelaskan bahwa hasil dari uji kebugaran fisik ini akan memberikan gambaran yang jelas tentang kondisi fisik atlet serta memberikan informasi berharga dalam penyusunan program latihan yang sesuai dengan kebutuhan individu.

“Dengan demikian, diharapkan para atlet dapat mengoptimalkan potensi fisik mereka dan mencapai performa terbaik dalam kompetisi olahraga,” ujarnya.

Di lokasi kegiatan, Kepala UPTD PPLP Sulbar, Muhammad Sabir mengatakan, para atlet PPLP Sulbar pun menunjukkan hasil yang memuaskan dalam Bleep Test ini, menggambarkan latihan dan persiapan yang mereka lakukan sebelumnya.

Para atlet PPLP Sulbar merespons Bleep Test dengan antusiasme tinggi, menyadari bahwa aspek kebugaran fisik memegang peranan penting dalam mencapai prestasi olahraga yang maksimal.

Mereka menyampaikan apresiasi kepada Kemenpora atas inisiatif dalam melakukan evaluasi kebugaran fisik ini dan siap untuk mengambil langkah-langkah perbaikan yang diperlukan berdasarkan hasil tes.

Sementara, Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh menjelaskan dengan adanya uji coba Bleep Test ini, diharapkan para atlet PPLP Sulbar semakin terpacu untuk terus mengasah kemampuan fisik dan mental mereka.

Kemenpora juga akan terus memberikan dukungan dan pembinaan kepada atlet-atlet muda berbakat untuk meraih prestasi gemilang di bidang olahraga.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Terbaru