26 C
Mamuju
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img

Siap-siap, Sulbar Tuan Rumah Kejurnas PPLP Cabor Dayung 2024

SULBARTERKINI.COM, Jakarta — Sulawesi Barat secara resmi telah diputuskan menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kerjurnas) Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) cabang olahraga (cabor) dayung 2024.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga nomor; 2.21.1 Tahun 2024 tentang penetapan tuan rumah penyelenggara kejuaraan nasional antar PPLP/Daerah dan Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Tahun 2024.

Keputusan itu diakui Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Sulbar, Safaruddin Sanusi DM, usai bertemu Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Kamis (22/2/24) di Jakarta.

Safaruddin Sanusi DM juga membawa tiga Kepala Bidang di Dispora, seperti Kepala Bidang PPLP, Muhammad Sabir, Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Agus, Kepala Bidang Layanan Kepemudaan, Karnoto dan staf Dispora, Ruslan.

Sesuai hasil koordinasi dengan Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga agar segera mengusulkan permintaan tehnical delegate ke Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) untk menyusun pelaksanaan Kejurnas antar PPLP/D dan SKO se Indonesia.

“Sesuai arahan Pj Guberjur agar kita proaktif, bekerja cepat dan mejemput bola, dalam rangka memajukan kepemudaan dan olahraga di Sulawesi Barat, maka hari ini kita ketemu dengan Deputi Kemenpora. Kita mau memastikan terkait pelaksanaan kejurnas PPLP cabor Dayung 2024 yang akan dipusatkan di Sulbar,” tegas Safaruddin.

“Dan Insya Allah bulan 6 tahun 2024 ini akan dilaksanakan, itu jadwalnya minggu ketiga di bulan Juni,” tambahnya.

Menurut Safaruddin, pelaksanaan Kejurnas PPLP Cabor Dayung memang sudah diusulkan sejak tahun 2023 lalu.

“Kita minta sejak tahun lalu di Surabaya agar pelaksanaannya diselenggarakan di Sulbar,” ungkapnya.

Safaruddin mengaku, untuk mendukung pelaksanaan Kejurnas Cabor Dayung ini, pihaknya akan disupport anggaran sebesar Rp 500 juta dari Kemenpora.

“Dan kita anggarkan juga sebesar Rp 600 juta melalui APBD Sulbar 2024 agar kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar,” Sebutnya.

Mantan Kepala Biro Umum Setda Sulbar ini mengatakan, Cabor Dayung merupakan salah satu cabor unggulan dan kebanggaan Sulbar.

“Cabor ini kita unggulkan karena ada Ramlah yang tidak hanya juara di tingkat Nasional tapi kita sudah sampai ke tingkat internasional,” ujarnya.

Safaruddin juga mengaku, dengan adanya kerjunas dayung yang dipusatkan di Sulbar ini tentu juga akan mendorong tumbuhnya ekonomi bagi Sulbar.

“Pelaku UMKM juga akan berdaya, sebab akan banyak orang yang datang di Sulbar saat Kejurnas PPLP dayung ini dilaksanakan. Jadi berapak signifikan bagi ekonomi,” tutup mantan Sekretaris DPRD Sulbar ini.

Sekadar diketahui, ada 8 Cabor Kejurnas PPLP/SKO Tahun 2024, yakni, cabor angkat besi yang akan dipusatkan di Kalimantan Barat, cabor atletik dipusatkan di Bangka Belitung, cabor dayung dipusatkan di Sulbar, cabor karate dipusatkan di Sulawesi Utara, cabor panahan dan sepakbola dipusatkan di Kalimantan Timur, cabor pencaksilat di Kalimantan Selatan dan takewondo dipusatkan di Bengkulu.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Terbaru