26 C
Mamuju
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img

Serius Majukan Olahraga, Dispora Sulbar Gelar Pertemuan Dengan KONI

Sulbarterkini.com,MAMUJU–Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Barat, menggelar pertemuan dengan pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sulawesi Barat, Senin (13/1).

Rapat ini dipimpin langsung Kepala Dinas Dispora Sulbar, Safaruddin Sanusi DM, dan diikuti langsung ketua KONI Sulbar Ali Baal Masdar, Wakil Ketua KONI Sulbar Syahrir Hamdani dan Muhammad Jayadi, serta sejumlah pengurus KONI Kabupaten.

“Pertemuan ini tidak lain untuk bagaimana kita mendorong prestasi cabang olahraga di Sulbar jauh lebih baik kedepan. Saya juga bangga hari ini menerima langsung kedatangan ketua KONI dan pengurus, ini menandakan bahwa ada niat baik yang betul-betul serius mengurus keolahragaan di Sulbar ini. KONI dan Dispora ini merupakan satu kesatuan yang sama-sama punya niat bagus dalam memajukan prestasi olahraga di Sulbar,”terang Safaruddin.

Pertemuan tersebut juga membahas sejumlah persiapan untuk event olahraga di Tahun 2023 ini, seperti Pra PON dan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS). Selain itu, Dispora dan KONI Sulbar tengah membahas rancangan kesiapan pelaksanaan Porprov di Mamuju Tengah tahun 2026 mendatang.

“Ada tahapan-tahapan yang harus kita buru baik pra PON, maupun Popnas, dan begitupun pelaksanaan Porprov di Mateng nantinya. Untuk Popnas, akhir bulan ini kami akan menyurat ke kabupaten untuk mempersiapkan cabor yang dipertandingkan. Kalau Porprov, kita koordinasi ke Pemkab Mateng apakah lahannya disiapkan untuk pembangunan venue,”tambahnya.

Selepas dari itu, pertemuan ini juga fokus membahas pembinaan atlet, serta Desain Olahraga Daerah (DOD), termasuk sarana penunjang keolahragaan di Sulawesi Barat yang dianggap masih belum cukup.

“Pertama kita menyatukan persepsi terkait dengan pembinaan cabang olahraga di Sulbar. Harapan ada semacam pengawasan dan pembinaan kebawah baik yang dilakukan Dispora maupun KONI. Jadi pembinaan ini harus sustainable. Untuk prasarana, terus terang saya melihat kita ini belum cukup. Harapan saya ada arahan dari ketua KONI yang sifatnya kolaborasi, karena disini kita tidak ada ego sektoral, akan tetapi bagaimana kita bersama-sama solid memajukan olahraga di Sulbar,”pungkas Safaruddin.

Ditempat yang sama, Ketua KONI Sulbar, Ali Baal Masdar menyampaikan, pembahasan yang menjadi prioritas dalam rapat ini agar segera ditindaklanjuti. Begitupun sinergitas dan koordinasi antara KONI dengan Dispora harus tetap intes dilakukan.

“saya tekankan lagi bahwa kita harus mempersiapkan ini utamanya yang diprioritaskan melihat semuanya itu tentu ada limit-limit masing-masing jadi kalau bisa pelatihan atau pembinaan itu saja dulu jangan dipaksakan kalau tidak ada anggaran. Untuk kemitraan ini kita bangun sinergi dengan satu tujuan memajukan prestasi olahraga, saya berharap ada keberlanjutan atlet yang berprestasi kita lakukan pembinaan yang intens dimulai juga dengan pembinaan usia dini,”ucap Ali Baal Masdar yang juga mantan Gubernur Sulbar ini.(hrl/red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Terbaru