25.8 C
Mamuju
Wednesday, June 12, 2024
spot_imgspot_img

Kadispora Sulbar Sampaikan Apresiasi Pemkab Mateng Dukung 100 Persen POPDA IX 2025

SULBARTERKINI.COM, Mateng — Kesuksesan pelaksanaan pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) ke IX Sulbar yang dipusatkan di Mamuju Tengah (Mateng) berkat dukungan berbagai pihak.

Salah satunya adalah dukungan dan support penuh dari tuan rumah, yakni Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah.

Hal itu diakui oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Barat, Safaruddin Sanusi DM, Senin (28/5/24).

Menurutnya, sejak awal Pemkab Mateng memang memperlihatkan keseriusan sebagai tuan rumah POPDA ke IX 2024. Seperti menyiapkan venue dan berbagai kesiapan lain dengan sangat optimal.

Selain itu, Pemkab Mateng dinilai dapar berkolaborasi baik dengan KONI Mamuju Tengah yang menyiapkan berbagai hal.

“Karena itu, kami menyampaikan apresiasi, terimakasih dan penghargaan kepada tuan rumah pelaksana yang telah memberikan segala fasilitas sehingga kegiatan pembukaan POPDA IX dapat berjalan dengan sukses dan meriah. Ini karena  dukungan dan supportnya 100 persen dari Pemkab Mamuju Tengah,” ucap Safaruddin.

Mantan Kadiskominfo Sulbar ini menambahkan, pelaksanaan POPDA IX dipusatkan di Mateng, tepatnya di alun-alun Tobadak, karena di sekitarnya juga menjadi pusat para pelaku UMKM.

“Itulah sebabnya kita pusatkan di sini. Selain olahraga, kegiatan ini juga menumbuhkan semangat ekonomi mikro di Mateng. Terimakasih kepada bapak Pj Gubermur Sulbar yang sedia menyempatkan hadir membuka Popda IX 2024 ini,” ucap Safaruddin.

Seperti diketahui, Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat, Dr. Bahtiar Baharuddin yang secara langsung membuka POPDA IX 2024 tersebut.

Selain Pj Gubernur, turut hadir Ketua DPRD Sulbar St Suraidah Suhardi, Sekretaris Provinsi, Dr. Muhammad Idris, Wakapolda Sulbar Brigjen Pol Rahmat Pamudji, Kabinda Sulbar Romi Setiawan, Korem 142 Tatag, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulbar, serta para Kepala OPD lingkup Pemprov Sulbar.

Sementara, dari Pemkab Mamuju Tengah sebagai tuan rumah, tampak hadir Wakil Bupati Mamuju Tengah, Muh Amin Jasa, Sekertaris Daerah Mamuju Tengah Askary Anwar, Ketua KONI Mamuju Tengah, Andi Irwan Zainuddin, juga hadir jajaran Forkopimda Mamuju Tengah, seperti Kapolres Mamuju Tengah dan Perwira Penghubung Kodim 1418 Mamuju.

POPDA IX 2024 ini mengikutikan sebanyak 679 peserta yang terdiri dari 558 atlet, 121 pelatih dan official dari enam kabupaten se Sulbar.

Sementara, terdapat 8 cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingkan, yakni Cabor Sepakbola, Voli, Bola Basket, Bulu Tangkis, Tinju, Tennis Lapangan dan Pencak Silat.

Secara rinci, peserta dari Kabuapten Mamuju sebanyak 99 orang, terdiri dari 68 atlet dan 31 pelatih/official. Kontingen Mamuju mengikuti 7 cabor.

Untuk Kabupaten Majene sebanyak 136 peserta, terdiri dari 108 atlet dan 28 pelatih/official, dengan mengikuti 7 cabor.

Untuk Kabupaten Mamasa sebanyak 65 peserta, terdiri dari 54 atlet dan 11 pelatih/official. Mereka hanya mengikuti 3 cabor.

Sementara, untuk Kabupaten Polewali Mandar (Polman) sebanyak 163 peserta, terdiri dari 138 atlet dan 25 pelatih/official, dengan mengikuti 8 cabor.

Untuk Kabupaten Pasangkayu,  sebanyak 64 peserta terdiri dari 53 atlet dan 11 pelatih/official, dengan mengikuti 4 cabor.

Sementara, tuan rumah Kabupate  Mamuju Tengah sebanyak 151 peserta terdiri dari 125 atlel, 26 pelatih dan official, dengan mengikuti sebanyak 8 cabor.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Terbaru