26.8 C
Mamuju
Friday, May 24, 2024
spot_imgspot_img

Dispora Sulbar Gelar Pelatihan Bagi Pelatih dan Wasit Bola Voli

Sulbarterkini.com,MAMUJU–Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Barat, menggelar kegiatan pelatihan Pelatih dan Wasit Cabang Olahraga Bola Voli, di Wisata Berkah Tapandullu Mamuju, Senin (26/2/2024).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kadispora Sulbar, Safaruddin Sanusi DM, serta melibatkan peserta pelatihan sebanyak 30 orang. Mereka masing-masing merupakan perwakilan kabupaten se-Sulbar yang mengisi lima kuota peserta tiap kabupaten. Kegiatan ini juga menghadirkan para narasumber wasit dan pelatih yang handal di bidangnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Barat, Safaruddin Sanusi DM dalam kesempatan itu berharap, agar para wasit dan pelatih yang mengikuti kegiatan ini, nantinya mampu mendorong prestasi atlit cabang olahraga Bola Voli, dengan fokus melakukan pembinaan serta mendeteksi para atlit yang memiliki bakat sejak usia dini.

“Pembinaan kita bisa lakukan pada usia sekolah dari SD, SMP, dan pada usia SMA sudah memiliki kemampuan yg bisa bersaing dengan para atlit lainnya. Peran para wasit dan pelatih sebagai ujung tombak kemajuan olahraga kita,”pungkas Safaruddin.

Ia menambahkan, kegiatan pelatiha ini juga dilaksanakan sebagai upaya pemerataan bagi wasit dan pelatih yg ada di daerah.

“Terbatasnya wasit dan pelatih yang ada dikabupaten, ini yang coba kita atasi demi mendorong percepatan pembinaan dan perkembangan olahraga voli terutama dalam meraih prestasi,”tambahnya.

Safaruddin juga meminta agar para wasit mampu menjunjung tinggi sportivitas dalam memimpin setiap laga dan pertandingan. Netralitas wasit menurut Safaruddin sangat dibutuhkan dalam memimpin pertandingan, sebab akan memberikan kenyamanan terhadap seluruh pemain dan penonton.

“Dan juga sebagai seorang pelatih, disamping mempersiapkan fisik para atlet yang di bina, juga fokus dalam membina mental para pemain sehingga dalam melakoni setiap event para pemain tidak mudah terprovokasi yang nantinya bisa merugikan atlet itu sendiri,”kunci Safaruddin.(*/red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Terbaru