26 C
Mamuju
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img

CFD Kali Ini, Pemprov Gandeng PMI Sulbar Layani Kesehatan Masyarakat

SULBARTERKINI.COM, Mamuju — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulbar melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) kembali melaksanakan Car Free Day (CFD), Minggu (5/5/24) di Jalan Arteri Mamuju.

Dari pantauan wartawan, sejak pukul 06.00 Wita, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), ASN, pegawai swasta serta masyarakat umum mulai berkumpul di arena CFD.

Mereka mengawali kegiatan CFD dengan senam bersama yang dipandu oleh instruktur senam.

Kegiatan CFD kali ini, Pemprov juga mengajak Palang Merah Indonesia (PMI) Sulbar untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara gratis.

Adapun bentuk pelayanan yang diberikan seperti pengukuran tinggi badan, menimbang berat badan, pengukuran tekanan darah, pemeriksaan kolesterol, pemeriksaan asam urat, pemeriksaan gula darah dan pemeriksaan hemoglobin.

Penanggungjawab CFD yang juga Kepala Dispora Sulawesi Barat, Safaruddin Sanusi DM menyampaikan dalam rangka mendukung program Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar, Prof. Zudan Arif Fakhrulloh melalui CFD, pihaknya melibatkan PMI Sulbar untuk mendukun tingkat kesehatan masyarakat.

“Alhamdulillah, Car Free Day kali ini berjalan lancar. Kita berharap agar kegiatan ini terus didukung oleh warg setiap hari Minggu. Mari terus ramaikan, karena ini juga untuk meningkatkan kesehatan masyarakat kita,” ucap Safaruddin.

Selain untuk kesehatan, kata Safaruddin, CFD juga sebagai upaya membangun silaturahmi dan kebersamaan serta mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Karena itu, Insya Allah Dispora konsisten dan komitmen untuk tiap minggunya melakukan berbagai hal. Salah satunya adalah menghadirkan PMI Sulbar untuk mengecek kondisi kesehatan warga secara gratis,” sebutnya.

Safaruddin mengatakan, dengan adanya pelayanan secara gratis yang dilakukan oleh PMI Sulbar tentunya menarik antusias warga yang ikut CFD hari ini untuk melakukan pemeriksaan.

“Dan tercatat jumlah penerima manfaat sebanyak 56 orang. PMI Provinsi Sulawesi Barat juga mengutus 8 personil untuk melakukan pelayanan antara lain 6 orang staf dan 2 orang relawan,” ungkap Safaruddin yang juga Ketua Bidang Relawan PMI Provinsi Sulawesi Barat itu.

Sekadar diketahui, tak hanya PMI Sulawesi Barat, pada CFD pagi ini juga terlibar dari Samsat Mamuju, PLN, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) dan berbagai UMKM.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Terbaru