25.8 C
Mamuju
Wednesday, June 12, 2024
spot_imgspot_img

30 Pegawai Dinkes-Nakes Puskesmas Mamuju Ikuti Pelatihan Kompetensi Dasar Kader Posyandu di BBPK Makassar

SULBARTERKINI.COM,MAKASSAR–Sebanyak 30 orang pegawai dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mamuju dan tenaga kesehatan (Nakes) Puskesmas di Mamuju mengikuti Pelatihan Kompetensi Dasar Kader Posyandu. Pelatihan ini digelar di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Pelatihan dilaksanakan di BBPK Makassar, Kecamatan Manggala, Makassar selama 5 hari yang dimulai 13 hingga 17 Mei 2024. Para peserta diberi pelatihan terkait 25 kompetensi dasar bagi kader Posyandu.

“Kegiatan pelatihan kompetensi kader Posyandu bagi tenaga kesehatan. Ada 30 peserta dari Dinkes Mamuju dan Puskesmas,” kata Kabid Kesehatan Dinkes Mamuju Dewi Sundari kepada wartawan, Senin (20/5/2024)

“Peserta khusus untuk Dinkes mamuju, untuk tenaga Puskesmas, khususnya tenaga Promkes Kabupaten Mamuju, dan ada juga teman-teman dari Puskesmas,” sambungnya.

Dewi menuturkan pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan dalam memperkuat transformasi layanan primer di Posyandu dan Pustu. Melalui pelatihan itu kata dia, para peserta nantinya mampu memfasilitasi atau melakukan pelatihan bagi kader Posyandu di wilayah kerjanya.

“Nanti yang sudah dilatih harapannya bisa memberikan pelatihan kembali meningkatakan kapasitas kader Posyandu yang ada di wilayah kerjanya masing-masing,” ujarnya.

Dewi melanjutkan, selama pelatihan tersebut para peserta diberi materi oleh para fasilitator dari BBPK Makassar dan Dinkes Sulsel. Ia menyebut kegiatan ini merupakan kerjasama antara Pemkab Mamuju dan BBPK Makassar.

Berdasarkan hasil penilaian lanjut Dewi, seluruh peserta dalam pelatihan ini dinyatakan lulus 100 persen. Ia berharap setelah pelatihan ini para peserta mampu memfasilitasi desa dalam peningkatan kompetensi kader posyandu di wilayah kerjanya.

“Saat ini seluruh Posyandu diharapkan mampu melaksanakan pelayanan seluruh siklus hidup, kader Posyandu yang ada di Kabupaten Mamuju juga lebih meningkat kompetensinya dengan standarisasi kompetensi kader saat ini, sehingga mampu mewujudkan Mamuju yang ASEK (Anggatangku Sehat Keren),” imbuhnya.(adv).

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Terbaru