26 C
Mamuju
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img

Usai Pelatihan Wasit, Dispora Langsung Gelar Kejuaraan Basket Antar Pelajar se Sulbar

SULBARTERKINI.COM, Mamuju — Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar kejuaraan bola basket antar pelajar se Sulbar, Minggu (19/11/23).

Pertandingan ini dilaksanakan di lapangan basket Stadion Manakarra Mamuju, dan dibuka langsung oleh Kepala Dispora Sulbar, Safaruddin Sanusi DM didampingi Kepala Bidan Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sulbar, Agus.

“Kegiatan kejuaraan ini dilaksanakan setelah sebelumnya dilaksanakan pelatihan wasit cabang olahraga bola basket yang sudah ditutup tadi malam,” kata Kepala Bidan Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Sulbar, Agus.

Menurutnya, para wasit yang telah dilatih ilmunya langsung diimplementasikan untuk memimpin pertandingan bola basket antar pelajar yang dilaksanakan saat ini.

Selama ini, sebut Agus, Sulbar memang sangat kekurangan wasit bola basket.

“Kita hanya punya 3 orang yang berlisensi. Satu dari Polman, satu dari Mamasa kemudian satu dari Mamuju. Sehingga sesuai arahan Pak Gubernur kepada Pak Kadis untuk tetap mendorong percepatan kemajuan olahraga di Sulbar. Salah satunya dengan pelatihan wasit,” jelas Agus.

Sementara, Kepala Dispora Provinsi Sulawesi Barat, Safaruddin Sanusi DM, menyampaikan, dengan adanya pelatihan wasit cabor basket diakui akan lebih memudahkan pelaksanaan Kejuaraan basket di Sulbar.

“Yah karena sudah tersedia wasitnya. Wasit yang dilatih mendapatkan sertifikat dari Dispora dan juga mendapat lisensi dari Cabornya,” sebut Safaruddin.

Khusus kejuaraan bola basket antar pelajar, Safaruddin mengatakan, program ini dapat dilaksanakan melalui penyesuaian anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Perubahan tahun 2023.

Safaruddin menjelaskan, bahwa tujuan event ini dilaksanakan untuk melihat kemampuan para atlet muda basket se Sulbar.

“Juga dapat dijadikan sebagai ajang unruk melihat kemampuan para atlet kit, sehingga ketika ada event yang dilaksanakan di tingkat nasionalskita sudah dapat mengidentifikasi ketersediaan dan kemampuan atletykita yang ada,” ungkapnya.

Selain itu, menurut Safaruddin, Penjabat Gubernur Sulbar, Prof Zudan Arif Fakhrulloh selama ini memang terus mendorong dan memberikan arahan agar dalam peningkatan dan pembinaan olahraga di Sulbar harus dilakukan secara serius dan sungguh-sungguh.

Safaruddin mengaku, Pj Gubernur akan terus berkomitmen memberikan dukungan penuh dalam rangka pelaksanaan event-event olahraga.

“Karena itu, tentu kita sangat serius dan sungguh-sungguh dalam memaksimalkan pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga kita di Sulbar, salah satunya basket yang kita pertandibgkan sekarang ini,” pungkas mantan Sekretaris DPRD Sulbar itu.

Di tempat yang sama, Ketua Harian Cabang Olahraga bola basket Sulbar, Mandala Putra  menyampaikan terima kasih kepada Kadispora dan Gubernur atas kontribusi dan perhatian yang diberikan kepada Cabor basket sehingga dapat terlaksana saat ini.

“Kami menyampaikan terimakasih kepada bapak Kadispora dan terkhusus kepada bapak Pj Gubernur Sulbar yang telah memfasilitasi pelaksanaan pelatihan wasit dan kejuaraan antar pelajar cabang olahraga bola basket ini,” ucap Mandala.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Terbaru