26 C
Mamuju
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img

Tim Kemenpora Menganalisis Hasil Tes dan Pengukuran Atlet PPLP Sulbar

SULBARONLINE.COM, Mamuju — Tim Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah memaparkan hasil tes dan pengukuran yang dilakukan selama 3 hari terhadap atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Sulawesi Barat.

Proses tes tersebut dilakukan di ruangan Kantor PPLP Sulawesi Barat, Selasa (7/5/24).

Dalam rangkaian tes yang dilakukan, termasuk tes fisik, tes kesehatan, tes psikologi, dan evaluasi tes kesehatan, hasilnya terbilang bervariasi.

Tes kesehatan mengindikasikan bahwa dari total 17 atlet yang diuji, sebanyak 12 atlet dinyatakan dalam kondisi normal. Namun, ada pula beberapa atlet yang mengalami kondisi kesehatan yang perlu mendapatkan perhatian lebih lanjut.

Rinciannya, terdapat 1 atlet yang didiagnosis mengalami aritmia, 1 atlet dengan sinustakikardi, dan 1 atlet dengan sinusbradikardi, sedangkan 2 atlet menunjukkan T-inverted.

Hasil pemeriksaan laboratorium juga menunjukkan temuan yang perlu diperhatikan, seperti 13 atlet dengan kadar asam urat di atas normal (>6,6), serta 2 atlet dengan dislipidemia.

Meskipun demikian, hasil tes juga menunjukkan bahwa tidak ada atlet yang memiliki kondisi buta warna.

Untuk pemeriksaan muskuloskeletal, sebagian besar atlet dinyatakan dalam kondisi normal, namun ada 1 atlet yang memerlukan konsultasi lebih lanjut ke fisioterapis atau dokter spesialis.

Kesimpulan dari hasil tes tersebut; sehat 11 atlet, 6 sehat dengan catatan, 0 tidak sehat.

Tim medis yang turut serta dalam evaluasi tes ini akan memberikan pendampingan dan porsi latihan yang terencana dengan baik untuk setiap atlet, guna membantu dalam peningkatan kondisi fisik dan kesehatan mereka.

Kepala Dispora Sulbar, Safaruddin Sanusi DM mengatakan mayoritas atlet PPLP dinilai memiliki kondisi fisik yang bagus secara umum, namun ada beberapa di antara mereka yang masih perlu perbaikan.

“Secara keseluruhan, kita dapat melihat bahwa atlet-atlet PPLP telah menjaga kebugaran fisik mereka dengan baik. Namun, ada beberapa area yang perlu diperhatikan lebih lanjut untuk meningkatkan performa mereka,” ujarnya.

Terkait asupan gizi, kata dia, perlu pola makan yang seimbang. Para atlet diharapkan untuk tidak mengonsumai makanan atau jajan di luar yang tidak baik bagi kesehatan dan fisik.

“Artinya kurangi jajan makanan di luar yang tidak bagus untuk atlet, sebab biar dikasi makanan yang sehat tapi karena banyak ngemil bisa mengurangi nafsu makan,” ungkaonya.

Kadispora juga berpesan kepada atlet dan para pelatih, bahwa dengan nutrisi yang tepat, mereka dapat meningkatkan kebugaran fisik mereka dan sekaligus performa dalam berbagai cabang olahraga.

Sementara, Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh, beeharap bahwa hasil tes dan pendampingan ini akan menjadi langkah awal yang baik dalam mempersiapkan atlet-atlet PPLP Sulawesi Barat untuk meraih prestasi yang gemilang di masa mendatang.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Terbaru