26.8 C
Mamuju
Friday, May 24, 2024
spot_imgspot_img

STQH Resmi Dibuka, Kakanwil Yakin Sulbar Akan Lahirkan Utusan Terbaik

Sulbarterkini.com,MAMUJU–Pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) ke-VIII tingkat Provinsi Sulawesi Barat digelar di pelataran Masjid Baitul Anwar pada Sabtu (27/05/2023) malam. Even tersebut berlangsung meriah dan secara resmi dibuka oleh Pj. Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh.

Acara dimulai dengan penampilan grup marawis SIMA EL-WATHANIYAH yang pernah meraih juara 1 pada Festival Ramadhan 2019 Indosiar. Penampilan marawis tersebut menyambut kehadiran Pj. Gubernur yang didampingi Kakanwil Kemenag Sulbar, Ketua DPR Prov. Sulbar beserta undangan yang lain.

Kakanwil Kemenag Sulbar H. Syafrudin Baderung dalam sambutannya begitu optimis bahwa melalui evan STQH ini akan melahirkan utusan terbaik untuk ajang Nasional di Jambi bulan Oktober nanti.

Menurutnya Sulawesi Barat memiliki potensi yang besar dalam kegiatan seperti ini. “Jumlah madrasah yang ada di Sulbar sebanyak 530an, ini merupakan ladang para kafilah, Ponpes berjumlah 122 ini juga potensi besar sehingga kami yakin bahwa melalui STQH ini akan diperoleh utusan sulbar yang lebih baik,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mencontohkan, “ada juga even yang telah menjadi prestasi Sulbar yang diselenggarakan Kementerian Agama, yaitu lomba baca kitab kuning (Musabaqah Qiraatul Kutub), selama ini Sulbar selalu berada di posisi ke 5 nasional, ini merupakan potensi,” terang H. Syafrudin lebih jauh.

Berdasarkan contoh tersebutlah sehingga Kakanwil meyakini even STQH ini akan menjadi wadah terbaik untuk melahirkan kader-kader terbaik bagi even-even keagamaan.

Ia pun menjelaskan upaya dan peran Kementerian Agama dalan even tersebut, bahwa Kemenag sebagai pembina dan regulator pada even MTQ dan STQH selalu berupaya melakukan pembenahan setiap tahunnya.

“Kita selalu berusaha memperbaiki sistem penyelenggaraannya apakah itu bersifat administrasi maupun siatem lombanya. Saat ini tidak bisa dipungkiri kita sudah berbasis elektronik, hal ini dimaksudkan agar supaya para dewan hakim integritasnya terukur dan tidak ada lagi keraguan dalam setiap pelaksanaan even keagamaan,” urainya.

“Yakinilah bahwa para dewan hakim telah disumpah dan Insya Allah akan lahir kader-kader terbaik sebagai urutan Sulbar pada lomba nasional di bulan Oktober di jambi nanti,” pesan Kakanwil menutup sambutannya.(Adv)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Terbaru