26.9 C
Mamuju
Friday, May 24, 2024
spot_imgspot_img

Rawat Ekosistem Laut, Bidang Maritim DPP Nasdem Restorasi Terumbu Karang di Pulau Karampuang

Sulbarterkini.com,MAMUJU–DPP Partai Nasdem Bidang Maritim melakukan kegiatan penanaman coral melalui program Restorasi Terumbu Karang di Pulau Karampuang, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Jum’at (21/7/2023).

Ketua Bidang Maritim DPP Partai Nasdem, Ratih Megasari Singkarru mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya transplantasi karang untuk membantu memulihkan ekosistem terumbu karang di laut Indonesia yang sebagian sudah mengalami kerusakan.

“Ini adalah kali pertama dan program pertama kita di DPP Partai Nasdem Bidang Maritim melakukan ini, kebetulan karena saya ketuanya, saya ingin project pertama kita dilakukan disini (Sulbar red.), dan nanti Insya Allah kalau outcomenya bagus, kita akan lakukan juga di daerah pesisir lainnya di wilayah Indonesia,”terang Ratih Megasari Singkarru.

Anggota Komisi X DPR RI ini menambahkan, selain sebagai upaya pemulihan ekosistem karang, Pulau Karampuang sebagai titik penanaman bibit coral dipilihnya dengan pertimbangan pesona bawah laut karampuang dengan terumbu karangnya sangat menjanjikan untuk sektor pariwisata.

“Beberapa minggu lalu saya kesini ke Pulau Karampuang dan saya juga sempat diving, ternyata pemandangan bawah laut kita itu sangat indah luar biasa, jadi sayang kalau kekayaan alam kita ini tidak dimanfaatkan, apalagi untuk pariwisata, namun disatu sisi juga sebagian terumbu karang disini kondisinya sudah rusak yang mungkin disebabkan oleh aktivitas pengeboman ikan. Nah dengan proses tarnspalansi coral ini, saya harap ekosistem karang kita kembali seperti semula,”tambah Legislator Nasdem Dapil Sulbar ini.

Penandatanganan prasasti Restorasi Terumbu Karang oleh Ketua Bidang Maritim DPP Nasdem, Ratih Megasari Singkarru.(foto:sulbarterkini.com)

Kedepan lanjut Ratih, program ini bisa dikembangkan dengan membentuk orangtua asuh coral yang melibatkan masyarakat dan wisatawan untuk menggalakkan pelestarian terumbu karang.

Hal ini pun mendorong Ratih lebih serius melihat potensi Karampuang sebagai destinasi wisata terumbu karang yang dapat mengundang minat wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

“Di Bali itu kami bikin orang tua asuh coral, nah untuk keberlanjutan program ini, kita itu mengarah kesana. Jadi kita nantinya mengajak kepada para wisatawan yang datang berkunjung untuk mengadopsi coral-coral dan nanti akan ditanam di bawah laut kita. Menurut saya itu adalah salah satu cara agar bagaimana pulau karampuang ini bisa memikat para pengunjung baik itu dalam negeri ataupun dari luar negeri, jadi mungkin program ini kedepannya saya akan bicarakan juga dengan kadis pariwisata agar nanti di kemas seperti apa produk-produk wisata bawah laut kita yang bisa kita tawarkan kepada wisatawan,”kuncinya.

Ratih Megasari Singkarru bersiap melakukan penyelaman untuk penanaman bibit coral terumbu karang di Pulau Karampuang.(foto:sulbarterkini.com)

Setelah membuka kegiatan secara resmi, Ratih Megasari Singkarru pun menandatangani prasasti ‘Restorasi Terumbu Karang’ di Dermaga Pulau Karampuang.

Selanjutnya, putri dari Hendra Singkarru ini melakukan penyelaman bawah laut untuk menanam bibit coral terumbu karang.(*/red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Terbaru