26.1 C
Mamuju
Sunday, May 19, 2024
spot_imgspot_img

Persiapan Popda IX Mateng, 27 Akomodasi dan Venue Cabor Siap Digunakan

Sulbarterkini.com,MAMUJU–Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Barat, semakin memantapkan persiapan jelang perhelatan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) IX, yang akan di gelar di Mamuju Tengah 3-9 Mei 2024 mendatang.

Keseriusan Dispora Sulbar dalam pelaksanaan Popda IX Mateng tersebut, ditandai dengan digelarnya rapat koordinasi bersama Dispora Kabupaten Se-Sulbar, di Mamuju, Selasa (2/4/2024).

Kadispora Sulbar Safaruddin Sanusi mengatakan, sebelumnya pihak Dispora Sulbar juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah beberapa waktu yang lalu, terkait kesiapan Mateng sebagai tuan rumah Popda.

“Alhamdulillah hari ini sudah menunjukkan progres, bentuk kolaborasi kita dengan pemerintah kabupaten sesuai arahan pak pj. Gubernur, untuk mempersiapkan Popda ini dengan sangat matang. Hari ini kita sudah dapat gambaran, bagaimana kesiapan pembukaan, kesiapan sarana olahraga hingga akomodasi, termasuk teknis untuk ijin siswa mengikuti Popda yang kita sudah koordinasikan ke masing-masing kabupaten,”terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Dispora Kabupaten Mamuju Tengah, Miharsa, memaparkan kesiapan Mateng menjadi tuan rumah Popda IX dalam pertemuan itu. Ia mengatakan, 27 akomodasi seperti hotel, wisma dan penginapan, siap menampung kontingen.

Begitu juga kesiapan sarana dan prasarana cabang olahraga, seperti Lapangan Sepakbola Waepute yang akan menjadi rencana lokasi pembukaan Popda IX. Venue lainnya seperti SMK Al Mubarak untuk Cabor Volly dan Sepak Takraw, Lapangan Volley dan Bola Basket Benteng Kayu Mangiwang, Lapangan Basket SMP 5 Tobadak, Lapangan Bulutangkis PB Fitra Mandiri dan GOR Narah yang semuanya dalam kondisi baik untuk digunakan.

“Untuk akomodasi ini ada 27 tempat dan kami sudah lampirkan harga serta kontak person. Sarpras yang kita sampaikan ini juga memenuhi syarat untuk digunakan sesuai cabornya. Kalau untuk cabor Tinju itu rencana kita di halaman Rujab Ketua DPRD, Silat bisa gunakan Gedung Kesenian,”terang Miharsa.

Kepala Bidang Pengembangan Prestasi Dispora Sulbar, Agus menyampaikan, jika pihaknya sementara ini akan menunggu konfirmasi jumlah kontingen pelajar yang akan mengikuti Popda IX di Mateng.

Pasalnya, penyesuaian peserta tersebut akan disesuaikan dengan jumlah perebutan medali, dimana Dispora Sulbar setidaknya akan menyiapkan 600 medali yang terbagi dalam cabang olahraga di masing-masing kategori.

“Sekitar itu yang diperebutkan kalau pesertanya full team, makanya kita identifikasi dulu untuk menyesuaikan, karena medalinya harus dipesan. Kita akan pertandingkan 158 kategori yang diperebutkan dari 8 cabang olahraga. Kalau persoalan akomodasi jika full, kita sudah antisipasi dengan membangun komunikasi bersama Pak Sekda Mateng, dan akan mensupport untuk menyediakan rumah penduduk bagi kontingen,”ucap Agus.(Adv)

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Terbaru