26 C
Mamuju
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img

Pemkab Mateng Gelar Forum Perangkat Daerah

SULBARTERKINI.COM, Mateng – Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), gelar Forum Lintas Perangkat Daerah, Rabu (13/03/24) di Aula A Kantor Bupati Mateng.

Rapat forum lintas perangkat daerah itu, membahas arah kebijakan pembangunan pemerintah daerah sekala prioritas diantaranya, peningkatan ekonomi, menakan stunting, menekan inflasi dan menekan kemiskinan ekstrim.

Sekretaris daerah (Sekda) Mamuju Tengah Askari dalam sambutannya menyapaikan, forum lintas perangkat daerah adalah siklus perencanaan sebab didalam perencanaan tidak dapat dilangkahi secara satu persatu sesuai prosedur yang telah berlaku.

“Cuma yang menggelitiki saya forum OPD ini seperti hanya dalam satu hari, apakah OPD itu tidak menyadari bahwa kita akan melaksanakan sebelum musrenbang Kabupaten atau kah teman teman Bappeda atau tim tidak menyampaikan secara mendetail kepada OPD. Karena kurang efektiv kalau kita berpacu dengan waktu pelakukan forum OPD dengan seluruh OPD sementara stekholder yang lain harus ikut dengan OPD yang lain,” ujar Askari.

Lebih lanjut, Askari menyatakan forum OPD adalah siklus yang harus dilaksanakan untuk membuat proses perencanaan.

“Saya mohon seperti ini janganlah dilakulan, karena kita akan berpacu untuk melakukan forum OPD sehingga mungkin saja asensi dari forum itu tidak kita efektiv tidak oktimal,” jelasnya.

Melaksankan forum lintas OPD, kata Askari jika dilaksanakan tidak normatif tentunya tidak akan terfokus pada satu sistem perencanaan sebab tujuan dari forum lintas OPD adalah menyelsaikan setiap masalah yang dihadapi di forum.

“Edialnya kita harus mengusai forum, kita mau tau apakah arah kebijakan pemerintah apa rencana kerja sudah sesaui dengan masalah yang dihadapi,” sambungnya.

Ia menambahkan, dalam menyusun program mulai dari pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Desa harus bersinergi, harus satu sistem, sehingga efeknya berdampak langsung kepada masyarakat.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Terbaru