26.8 C
Mamuju
Friday, May 24, 2024
spot_imgspot_img

Pemda Mateng Musrenbang RKPD 2025

SULBARTERKINI.COM, Mateng – Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), menggelar Musrenbang RKPD Kabupaten Tahun 2025.

Musrenbang tersebut berlangsung di Aula A Kantor Bupati Mateng, dengan mengakat tema “Pemantapan Pelayanan Publik dan Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan”. Kamis (14/03/24).

Wakil Bupati Mateng Muhammad Amin Jasa menyatakan, musrenbang ini dilaksanakan dalam rangka penyusunan rancangan kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Mamuju Tengah tahun 2025, dengan mempertimbangkan visi-misi dan program kerja pemerintah daerah.

“Agenda kegiatan ini adalah hal yang penting harus dilaksanakan, karena merupakan tahapan penyusunan rencana pembangunan kita,” jelasnya.

“Setelah pelaksanaan musrenbang RKPD Kecamatan,forum perangkat daerah, forum lintas perangkat daerah, terus membahas permasalahan dan isu isu setrategis sistimatik yang tentunya sinergi dengan pemerintah Provinsi dan pusat,” lanjut Amin.

Adapun permasalahan yang dimaksud, kata dia, diantarannya permasalahan 4+1 (empat ples satu) dampak kemiskinan ekstrim dimana kemiskinan ekstrim di Kabupaten Mamuju Tengah sebesar 0,54 persen, dengan jumlah 770 jiwa yang tersebar di 25 Desa dari 56 Desa.

“Sudah ada 19 Desa tanpak kemiskinan ekstrim, tahapan musrenbang ini penting kita laksanakan untuk melakukan sinergitas, sinkronisasi menetapkan proritas program kegiatan dan meindevikasi efektivitas regulasi yang berkaitan dengan fungsi perangkat daerah terhadap pembangunan daerah,” sebutnya.

Lebih lanjut kata dia, tujuannya adalah untuk peningkatan jalan, penyelarasan dan kesepakatan bersama usulan rencana kegiatan pembangunan dengan proritas pembangunan daerah.

“Tentu banyak kepentingan yang merwarnai setiap tahapan musrenbang, mulai dari Desa, Kecamatan hingga Kabupaten. Ini bukti bahwa kehendak kita untuk membangun daerah itu sangat besar,dan kehendak ini lahir dari berbagai pihak atau pemangku kepentingan, ditengah keterbatasan kami yang merupakan daerah paling sedikit APBDnya di Sulawesi Barat ya itu sekitar 600 milyar.” terangnya

Sekadar diketahui hadir pada kegiatan tersebut, Pj Gubernur Sulbar, Wakil Bupati Mateng, Ketua DPRD Mateng, Kepala Bappeda Sulbar, Kepala Bappeda Litbang Mateng, Kepala OPD lingkup Pemda Mateng dan para undangan lainnya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Terbaru