26 C
Mamuju
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img

Muh Agus Syam dan Kurniawan Terpilih Wakili Sulbar Ikuti PKPBN

SULBARTERKINI.COM, Mamuju — Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Sulbar bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) akhirnya merampungkan hasil perekrutan programĀ  Pendidikan Kader Pemuda Bela Negara (PKPBN) Tahun 2024.

Seperti diketahui, kegiatan ini telah dilaksanakan tahapan sejak tanggal 13 Maret 2024 yang lalu dan pelaksanaan ujian CAT (Computer Asissted Test) secara online pada tanggal 2 Mei 2024, yang dilaksanakan langsung oleh panitia pusat yaitu Kemenpora.

Kepala Dispora Sulawesi Barat, Safaruddin Sanusi DM menyatakan untuk tahun 2024 peserta yang mengikuti PKPBN hanya 10 orang peserta keseluruhan berjenis kelamin laki-laki.

“Kuota yang diberikan oleh pusat adalah 1 orang peserta laki-laki terbaik dan 1 orang peserta perempuan terbaik. Namun, yang mendaftar ini semuanya laki-laki. Dan dari jadwal pembukaan pendaftaran kami perpanjang sampai 2 kali,” kata Safaruddin.

Menurutnya, pihak Dispora Sulbar telah memaksimalkan berbagai media yang ada untuk mensosialisasikan program PKPBN tersebut.

“Karena memamg sesuai Arahan Pj. Gubernur Sulawesi Barat Prof. Zudan Arif Fakrulloh bahwa setiap melakukan kegiatan sosialisasikan dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok dan lakukan check and recheck untuk mengetahui sejauhmana pesan yang disampaikan sudah diterima ke sasaran si penerima pesan,” jelasnya.

Safaruddin mengaku, telah melakukan upaya maksimal, namun alhasil pendaftaran sampi menjelang ujian CAT tanggal 2 Mei 2024, jumlah peser tetap 10 orang.

“Terdiri dari 6 orang dari Kabupaten Mamuju, 2 orang Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) dan Kabupaten Majene, Polewali Mandar masing-masing 1 orang, Kabupten Mamasa tidak mengirimkan utusannya,” sebutnya.

Kepala Bidang Layanan Kepemudaan Dispora Sulbar, Karnoto, menyatakan bahwa dari hasil ujian CAT yang dilaksanakan oleh panitia pusat, yaitu Kemenpora pada Tanggal 2 Mei 2024 yang diikuti oleh 10 peserta dari Sulawesi Barat, telah keluar hasilnya yang diumumkan pada tanggal 7 Mei 2024 langsung dengan metode menghubungi peserta yang dinyatakan lolos ujian CAT melalui email yang bersangkutan.

“Awalnya hanya satu peserta yang dinyatakan lolos terbaik sesuai kuota yang diberikan oleh Kemenpora. Dan alhamdulillah, ada satu tambahan lagi yang lolos. Baru tadi pagi disampaikan, jadi untuk Sulbar Lolos 2 peserta laki-laki semua, jadi secara kuota terpenuhi yaitu 2 orang, tapi secara jenis kelamin seharusnya satu laki dan satunya perempuan,” ungkap Karnoto.

Adapun dua Peserta yang mendapat Undangan atau yang dinyatakan lolos, pertama, Muh. Agus Syam, alamat Leba-Leba, Dusun Ujung Baru, Kabupaten Majene. Muh. Agus Syam berasal dari Kampus Universitas Terbuka, dan alumni SMA Negeri 1 Majene.

Kedua, Kurniawan alamat Jl. Husni Thamrin Mamuju, berasal dari Kampus Universitas Muhammadiyah Mamuju (Unimaju), dan alumni SMA Negeri 1 Bonehau.

“Keduanya akan mengikuti pendidikan dan pelatihan berdasarkan jadwal yang telah panitia pusat tentukan dan akan dikomunikasikan langsung ke yang bersangkutan,” pungkasnya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Terbaru