26 C
Mamuju
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img

KPU Sulbar Mulai Verifikasi Administrasi Dokumen Bacaleg

Sulbarterkini.com,MAMUJU, — Tahapan Pendaftaran Bakal Calon Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPD) RI dan Pengajuan Bakal Calon Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi telah selesai. Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Barat menerima 25 bakal Calon DPD RI dan 18 partai politik yang mengajukan bakal calon DPRD Provisi.

Selanjutnya, KPU Provinsi Sulawesi Barat akan akan melakukan verifikasi administrasi yang dimulai tanggal 15 Mei sampai 23 Juni 2023.

Ketua KPU Provinsi Sulawesi Barat Rustang menyampaikan,  ada dua syarat administrasi penting, yakni dokumen pengajuan dan dokumen bakal calon.

“Persyaratan bakal calon yang akan diverifikasi, contoh KTP-el, ijazah, surat keterangan tidak pernah terpidana, surat keterangan sehat dan lain. Itu seluruh persyaratan akan kami periksa keabsahannya. Apakah benar sesuai  peraturan dan indikator yang kami gunakan,” kata Rustang kepada wartawan, Ahad (14/5/23) malam.

Berdasarkan tahapan, verifikasi administrasi dokumen persyaratan 15 Mei sampai 23 Juni, pengajuan perbaikan dokumen persyaratan calon 26 Juni sampai 9 Juli, verifikasi administrasi perbaikan dokumen persyaratan bakal calon 10 Juli sampai 6 Agustus. Dan selanjutnya penyusunan DCS.

“Makanya verifikasi administrasi sampai bulan Agustus. Karena perbaikan ini misalnya, kita sampaikan ijazah bermasalah, mereka akan sampaikan lagi ke kami. Dokumen tersebut akan kami verifikasi lagi, nanti itu berakhir pada Agustus,” ungkapnya.

Pendaftar Bakal Calon DPD RI dan Bacaleg DPRD Provinsi yang dimulai sejak tanggal 1 sampai 14 Mei berjalan baik. Pimpinan partai maupun Bakal Calon DPD RI mengapresiasi pelayanan yang dilakukan KPU Provinsi Sulawesi Barat.(*/hms)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Terbaru