26 C
Mamuju
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img

KPU Mamuju Gelar Bimtek Penggunaan Aplikasi Sirekap

Sulbarterkini.com,MAMUJU–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Perhitungan, Rekapitulasi dan Penggunaan Aplikasi di Hotel Grand Mutiara Mamuju, (18/12/ 2023).

Bimtek ini dihadiri oleh seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Mamuju.

Komisioner KPU Mamuju Asri Hamid mengatakan kegiatan ini dalam rangka memberikan pemahaman kepada PPK dan PPS menjelang pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 mendatang.

“Tujuannya memberikan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), PPK dan PPS ini yang nantinya melatih KPPS yang sedang berlangsung perekrutan,” kata Asri Hamid.

Sehingga kata Asri, PPK dan PPS perlu dilatih terlebih dahulu sebelum mereka juga melakukan bimtek serupa di masing-masing tingkatan.

“Makanya kita bimtek karena PPK dan PPS akan berperan aktif dalam memberikan pemahaman kepada KPPS. Apalagi ada perbedaan pada Pemilu 2019 dengan Pemilu 2024 mendatang,” bebernya.

Perbedaan itu, lanjut Asri Hamid ada pada penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang dihadirkan KPU di Pemilu 2024 mendatang.

“Jadi setelah pemungutan suara di TPS, hasilnya itu diapload ke aplikasi Sirekap, sehingga masyarakat bisa mengetahui hasil atau informasi Pemilu,” ujarnya.

Aplikasi ini digunakan sebagai alat bantu mengetahui hasil perolehan suara di setiap tps untuk nanti disandingkan dengan hasil rekapitulasi secara manual dan berjenjang, mulai dari TPS, PPS, PPK kpu kabupaten, kota, provinsi sampai tingkat nasional.(rif/msd)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Terbaru