26.8 C
Mamuju
Friday, May 24, 2024
spot_imgspot_img

Kadispora Sulbar Ikut Dampingi Pj Gubernur Dalam Simulasi Gempa

SULBARTERKINI.COM, Mamuju — Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Sulawesi Barat (Sulbar), Safaruddin Sanusi DM, ikut mendampingi Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar, Prof Zudan Aeif Fakhrulloh dalam simulasi gempa yang diselenggarakan di depan Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulbar, Jumat (5/4/2).

Simulasi tersebut diadakan dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dan respons terhadap bencana alam, khususnya gempa bumi yang memang rentan terjadi di Provinsi Sulawesi Barat.

Simulasi gempa di depan Kantor BPBD Sulawesi Barat tersebut merupakan bagian dari bentuk komitmen serius serta upaya pemerintah daerah Provinsi Sulawesi Barat dalam meningkatkan kesiapsiagaan serta kesiapsiagaan kita menghadapi bencana alam yang potensial terjadi.

“Yah, hari ini saya bersama beberapa kepala OPD (organisasi perangkat daerah) ikut dalam simulasi bencana yang dihadiri langsung oleh bapak Pj Gubernur Sulbar,” kata Kepaa Dispora, Safaruddin Sanusi DM saat dihubungi wartawan.

Menurut Safaruddin kegiatan simulasi ini sangat penting sebagai labgkah mitigasi bencana dan meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi setiap bencana gemoa yang terjadi.

“Penting sekali kegiatan Ini. Dan memang sesuai arahan dari bapak Pj Gubernur Sulbar, simulasi seperti sebagai bentuk kesiapsiagaan kita bersama,” ungkapnya.

Pj Gubernur Sulbar, Prof Zudan Aeif Fakrulloh menjelaskan, simulasi gempa bumi yang pihaknya selenggarakan sangatlah penting untuk melatih masyarakat yang diawali dari ASN untuk tanggap dan tangguh terhadap bencana.

“Melalui simulasi ini, kita dapat melihat kesiapan dan kesiapsiagaan kita terhadap bencana gemoa yang bisa terjadi kapan saja,” ujarnya.

Sekadar diketahui, dalam simulasi tersebut, juga hadir berbagai pihak terkait, termasuk tim SAR (Search and Rescue), relawan, serta instansi terkait lainnya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi antarinstansi dalam menangani bencana.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Terbaru