26.9 C
Mamuju
Friday, May 24, 2024
spot_imgspot_img

Kadispora Sulbar dan Pemkab Mateng Gelar Rapat Persiapan POPDA ke IX

SULBARTERKINI.COM, Mateng — Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) ke IX Sulawesi Barat tahun 2024 dipusatkan di Mamuju Tengah (Mateng).

Menindaklanjuti hal tersebut, sesuai arahan Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar, maka Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Sulawesi Barat, Safaruddin Sanusi DM menggelar rapat persiapan Popda dengan Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah, Selasa (27/3/2024).

Safaruddin Sanusi DM didampingi Sekretaris Dispora Sulbar, Suratman Samad dan Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora, Agus.

Sementara, dari Pemkab Mateng hadir mewakili Bupati yaitu Sekretaris Daerah, Dr. Askary Anwar, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata serta Kepala Bappeda Mateng.

Kepala Dispora Sulbar, Safaruddin Sanusi DM, mengatakan tujuan rapat ini untuk membicarakan kesiapan Popda ke IX yang dipusatka di Mateng yang rencananya berlangsung pada awal Mei 2024 mendatang.

“Hari kita rapat dengan Pemkab Mateng membahas persiapan Popda, karena tahun ini Mateng yang kita tentuka sebagai tuan rumah. Jadi kita mau menyingkronkan persiapan Provinsi dan Mamuju Tengah terkait Popda ke IX ini,” kata Safaruddin.

Menurutnya, Popda IX ini akan diikuti oleh seluruh peserta di enam kabupaten se Sulawesi Barat. Kegiatannya akan dilaksanakan mulai 3 hingga 9 Mei 2024.

“Dan cabang olahraga yang dipertandingkan di Popda ini ada 8, yaitu Sepak Bola, Bola Voli, Sepak Takraw, Bola Basket, Bulutangkis, Pencak Silat, Tennes Lapangan dan Tinju,” sebut Safaruddin yang juga putra daerah Mateng itu.

Safaruddin berharap, melalui event Popda ini dapat melahirkan bibit-bibit muda untuk dapat mewakili daerah di event tingkat nasional seperti Popnas dan PON.

“Intinya Mateng diharapkan olahraganya meningkat. Ada banyak bibit muda juga dari Mateng. Selain itu, kita berharap daerah ini semakin maju, ekonominya juga semakin tumbuj dan berkembang melalui event-event keolahragaan,” tutup mantan Sekretaris DPRD Sulbar ini.

Sementara, Sekretaris Daerah Mateng, Dr. Askary Anwar mengaku sangat bersyukur penyelenggaraan Popda tahun 2024 dipusatkan di Mamuju Tengah.

Askary menyampaikan kesiapan Mateng menjadi tuan rumah Popda dimulai dengan kesiapan tempat para atlet atau tim kontingen dari Kabupaten, utamanya seperti persiapan hotel, mengingat hotel di Mateng belum begitu banyak.

“Hotel kita terbatas jadi ini akan disiapkan. Dan kita akan taktisi juga dengan menyiapkan rumah warga untuk menjadi homestay,” pungkas Askary.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Terbaru