26.8 C
Mamuju
Friday, May 24, 2024
spot_imgspot_img

Hari Pers Nasional, IJS Sulbar Bakal Gelar Dialog Publik

Sulbarterkini.com,MAMUJU–Ikatan Jurnalis Sulawesi Barat (IJS-SULBAR) bakal menyambut Peringatan Hari Pers Nasional 38 Tahun dengan menggelar Dialog Publik 9 Februari 2023 mendatang.

IJS Sulbar yang kini menginjak di usia 8 tahun menyiapkan sejumlah agenda kegiatan di puncak HPN ke 38 tahun. Ketua IJS Sulawesi Barat Irham Azis mengatakan, agenda itu sudah lama ditunda beberapa tahun terakhir. Sebab situasi dan kondisi yang berkembang pada saat itu, diantaranya wabah virus corona dan gempa 6,2 magnitudo yang melanda Mamuju tahun 2020 lalu.

“Ada sekitar 3 tahun, sehingga pelaksanaan hari pers itu kita tidak bisa laksanakan. Tentu ditanggal 9 ini di HPN saya mengajak semua teman-teman Jurnalis, untuk bisa hadir bersama-sama,” ungkapnya, Senin (2/6/23).

Irham Azis menyebutkan ada dua agenda yang akan dilaksanakan oleh IJS, pertama puncak kegiatan HPN pada 9 Februari, dan kedua pelatihan jurnalis. Agenda HPN ini akan dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida).

Ia menjelaskan, tema yang diangkat “Pandemi pulih, pers bangkit dalam rangka mendukung Sulbar sebagai penyangga IKN”. Sementara sub tema “Keterbukaan informasi untuk mewujudkan pers berkualitas sebagai pendorong pembangunan di Sulbar”.

“Diantaranya adalah Gubernur yang akan hadir langsung, ada perwakilan dari DPR-RI, Arwan Aras, dan sejumlah anggota DPD RI, untuk pelatihan jurnalis sendiri akan dihadiri oleh Dr. Arham Halwin Rani yang telah banyak melintang di dunia Jurnalistik,” sebutnya.

Topik perbincangan pertumbuhan peran pers khususnya di Sulbar cukup mengembirakan. Khusus pembangunan Ibu Kota Nusantara, peran media sangat penting dan strategis dalam menyampaikan berita aktual dan terpercaya kepada masyarakat. Khususnya informasi pembangunan yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat di berbagai sektor.

“IKN ini teman-teman jurnalis di Sulbar, Mamuju salah satunya pusat penyangga Ibu Kota tentu sudah banyak melakukan kontribusi bagaiman sehingga IKN dapat terwujud. Melalui kegiatan ini, kami berharap IKN juga ada Feedback kepada Sulbar sendiri,” urainya.

Saat ini, panitai penyelenggaraan HPN ke 38 tengah bersiap. Kegiatan tersebut juga akan disiarkan langsung TVRI sulbar, RRI Mamuju, dan live stereaming media sosial Facebook Info Manakarra.

“Kesiapan panitia sudah lumayan, sudah rampung sekitar 85 persen. Insha Allah di hari H, kita akan meriahkan hari pers, semua akan terkordinir dengan baik,” tutupnya.(*/red)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Terbaru