26.1 C
Mamuju
Sunday, May 19, 2024
spot_imgspot_img

Gelar Bimtek Gerakan Sadar Wisata di Mateng, Arwan : Pengembangan Pariwisata Perlu Kolaborasi Semua Pihak

SULBARTERKINI.COM, Mateng — Anggota Komisi X DPR RI Dapil Sulbar, H. Arwan M. Aras T, S.Kom kembali berkolaborasi Kemenparekraf RI menggelar Bimtek Gerakan Sadar Wisata di Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Sulawesi Barat, Jumat (5/5/2023).

Kegiatan Bimtek berlangsung di Aula Hotel Amalia dengan mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pembinaan Sadar Wisata”.

Hadir dalam kegiatan, Anggota Komisi X DPR RI Dapil Sulbar, H. Arwan M. Aras T, S.Kom, Drs. Rinto Taufik Simbolon, M.M selaku Analis Kebijakan Ahli Madya Kemenparekraf RI, Sekdin Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Mateng, Asmuni, S.Pd, M.Pd, Rusmin Nuryadin, A. Md.Par., SE., M. Si Ketua Prodi Manajemen Pariswisata STIPAR Tamalatea Makassar selaku Pemateri, Kabid Pariwisata selaku Moderator serta para Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Pemerhati Wisata di Kabupaten Mamuju Tengah.

Dalam sambutannya, Arwan Aras mengatakan, perlu kolaborasi semua pihak untuk membenahi pariwisata yang ada di daerah.

Selain itu, dirinya juga menyebut, kondisi yang kondusif dapat meningkatkan kemajuan pariwisata di Mamuju Tengah.

“Kita semua harus terlibat, karena kalau bukan Kita, siapa lagi yang ingin membenahi daerah kita,” ucapnya.

Arwan juga menjelaskan, ketika Masyarakat memahami dan sadar akan pengembangan wisata serta mampu memoles wisata yang ada di Mamuju Tengah, dirinya meyakini para wisatawan akan berbondong-bondong untuk berkunjung ke Mamuju Tengah.

“Kunci kesuksesan wisata di Mamuju Tengah ada pada kita semua,” tegasnya.

Arwan Aras juga menyinggung, soal pentingnya gerakan berwisata, bahwa gerakan sadar wisata yang digaungkan Pemerintah harus ditindaklanjuti Masyarakat dengan gerakan berwisata ke destinasi wisata yang ada di sekitar tempat tinggal mereka.

“Wisata tidak mesti jauh dan mahal, berwisata ke desa – desa wisata atau lokasi – lokasi wisata yang ada di sekitar kita, jauh lebih baik, selain itu sebagai bentuk gotong royong bersama membangun dan mengembangkan pariwisata lokal yang kita miliki,” ujar Arwan.

Sementara itu, ditemui awak media usai kegiatan, Rinto Taufik Simbolon berharap Masyarakat Mamuju Tengah dapat berperan aktif atau mengenal gerakan sadar wisata.

Rinto juga mengatakan, masa keemasan Kelapa sawit di Mamuju Tengah bisa saja habis, tetapi Pariwisata tidak akan pernah ada habisnya.

“Mungkin di Mamuju Tengah ini, Sawit bisa habis tapi Pariwisata tidak ada habisnya,” ucapnya di sela perbincangan.

Di tempat yang sama, Asmuni dalam sambutannya menyampaikan, harus ada pendampingan profesional untuk mendampingi pariwisata di Mamuju Tengah sehingga pengunjung bisa tertarik.

“Banyaknya pengunjung yang datang Akan mengangkat perekonomian Mamuju Tengah
baik melalui perhotelan, kuliner dan sebagainya,” jelasnya.

Dirinya juga berterima kasih kepada anggota komisi X DPR RI Dapil Sulbar, yang telah peduli terhadap pariwisata yang ada di Mamuju Tengah.

“Dan teruntuk para peserta betul betul mengikuti bimtek ini dengan baik, mudah-mudahan para Pokdarwis dapat menerapkan ilmunya sehingga wisata di Mamuju Tengah bisa maju dan unggul,” pungkasnya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Terbaru