25.8 C
Mamuju
Wednesday, June 12, 2024
spot_imgspot_img

Buka Seleksi Pemuda Pelopor 2024, Ini Harapan Kadispora Sulbar 

SULBARTERKIN.COM, Mamuju — Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Barat, Safaruddin Sanusi DM membuka kegiatan seleksi peserta Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Sulawesi Barat, di Quin Park Hotel Mamuju, Senin (3/6/24).

Turut dari Kepala Bidang Layanan Kepemudaan Dispora Sulbar, Karnoto, Ketua Pemuda Pelopor Sulawesi Barat, Riswan Sakir bersama sejumlah pengurus, para dewan juri dan puluhan peserta seleksi se Sulawesi Barat.

Dalam laporannya, Kepala Bidang Layanan Kepemudaan Dispora Sulbar, Karnoto menyampaikan peserta dari seleksi pemuda pelopor tahun 2024 ini diikuti 5 dari Kabupaten. Perwakilan peserta dari Kabupaten Pasangkayu tidak hadir.

“Dari 12 peserta yang mendaftar yang hadir saat seleksi 9 peserta  dengan rincian, Kabupaten Polman 3 peserta, Mamasa 2 Peserta, Mamuju 1 peserta, Mamuju Tengan 1 Peserta dan Kabupaten Majene 2 Peserta,” urai Karnoto.

Karnoto menjelaskan, dari 9 perserta tersebut telah mewakili dari masing-masing bidang yaitu bidang pendidikan, bidang seni budaya, bidang SDA lingkungan dan pariwisata, bidang pangan dan bidang inovasi teknologi.

Karnoto mengaku, penjaringan yang dinyatakan lolos untuk mewakili Provinsi hanya mereka yang dinyatakan memenuhi syarat yaitu sebuah gagasan pribadi yang diwujudkan dalam karya nyata yang  memeiliki dampak dan manfaat terhadap masyarakat banyak dan berkelanjutan.

Sementara, sebut Karnoto, untuk dewan juri terdiri dari 5 orang, masing-masing 3 orang dari Dewan Pengurus Daerah Pemuda Pelopor Sulawesi Barat atau alumni Pemuda Pelopor, dan 2 juri dari Dinas Kepemudaan dan Olahraga.

“Metode penilaian masing-masing peserta mempresentasikan karyanya, dewan juri akan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya pendalaman secara panel terkait keaslian karya yang dipaparkan, termasuk aspek kepemimpinan, kepribadian dan ketenangan serta kepercayaan diri dalam mempertahankan hasil karya nyata di lapangan,” pungkasnya.

Dalam sambutannya, Kepala Dispora Sulawesi Barat, Safaruddin Sanusi DM, menjelaskan bahwa sebagai bentuk apresiasi terhadap prestasi kepemudaan di berbagai bidang dan memiliki pengabdian yang tinggi kepada masyarakat, maka pemerintah Sulbar melalui Dispora memfasilitasi para pemuda-pemudi mengikuti selesi pemuda pelopor Sulbar.

“Despora memfasilitasi pemuda pemudi yang memiliki karya nyata pada bidang Kepeloporan Pemuda, yang mempunyai nilai manfaat bagi masyarakat luas dengan kegiatan seleksi sesuai dengan bidang kepeloporanya, tentu untuk mewakili tingkat nasional yang dilaksanakan Kemenpora RI pada bulan Juli 2024. Dan pemenangnya akan diberi penghargaan yang pelaksanaannya dirangkaikan dengan peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia pada saat Upacara 17 Agustus 2024 di Istana Negara,” jelas Safaruddin.

Mantan Kadiskominfo Sulbar ini menegaskan bagi peserta yang karyanya belum terpilih bukan berarti berhenti sampai di sini, tapi lebih ditingkatkan dan disempurnakan lagi.

“Dalam berkarya jangan hanya bertujuan untuk sebatas mengikuti perlombaan, tapi lebih mengedepankan kebermanfaatan terhadap masyarakat banyak yang berkesinambungan, hal inilah yang dikatan karya pemuda pelopor,” ujar Safaruddin yang juga mantan Sekretaris DPRD Sulbar itu.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Terbaru