26 C
Mamuju
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img

Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulbar Gelar Rakor

Sulbarterkini.com,MAMUJU–Demi memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan madrasah di Sulawesi Barat, Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Sulawei Barat menggelar rapat koordinasi dengan mengusung tema “degan rakor, kita tingkatkan kualitas pendidikan madrasah mandiri, berprestasi dan moderat”. (Jumat, 9/6/2023)

Rapat Koordinasi dihadiri peserta yang terdiri dari Kasi Penmad/Pendis Kabupaten, Ketua Pokjawas Kabupaten Se-Provinsi Sulbar, Kepala MIN, MTsN dan MAN se Provinsi Sulbar tersebut bertujuan berdiskusi, mencari solusi, menyamakan persepsi dan menyelaraskan tujuan dalam rangka menyukseskan program-program strategis madrasah di tahun ini.

Kepala Bidang Madrasah H. Misbahuddin, dalam pengantarnya menjelaskan bahwa rakor kali ini digunakan untuk memaksimalkan waktu menggali informasi dari Kankemenag, Kepala Madrasah, Kepala seksi Penmad dan Pendis terkait kondisi pendidikan yang ada di Sulbar baik madrasah negeri maupun swasta. Sekaligus mencari solusi apa yang harus dilakukan dalam rangka memajukan pendidikan di sulawesi barat.

Dalam laporannya kepada Kakanwil Kemenag Sulbar ia mengungkapkan bahwa beberapa poin yang merupakan hasil rapat koordinasi tahun lalu telah ditindaklanjuti, yang pertama terkait solusi pembelajaran al-quran di madrasah, telah dilakukan sesuai sarand an masukan dari Kenakemenag Kabupaten Polman. “Walaupun belum dirasa belum maksimal namun rata-rata penamatan madrasah MTS tahun ini disertai dengan wisuda tahfidz,” jelasnya.

Menurut H. Misbahuddin saran ini lah yang diharapkan, saran yang bisa membangun serta memajukan pendidikan di sulawesi barat.

Poin laporan yang kedua ialah terkait implementasi kurikulum merdeka, “alhamdulillah sejumlah madrasah di sulbar telah menjadi piloting pelaksanaan kurikulum merdeka, dan tahun ini akan diadakan diklat oleh BDK makassar terhadap sejumlah sasaran madrasah-madrasah yang akan didampingi dalam mengeimplementasikan kurikulum merdeka,” lanjutnya.

Dalam penutupnya ia berpesan bahwa pencapaian tersebut tentu ini masih jauh daripada yang diharapkan, “dari segi kuantitas meningkat tapi kita ingin mencapai dari segi kualitas,” tambahnya.

Ia pun berpesan agar rakor kali ini kita mampu dimaksimalkan untuk berdiskusi dan menerima saran serta solusi bersama dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan Madrasah di Sulbar.(Adv)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Terbaru