26 C
Mamuju
Thursday, May 23, 2024
spot_imgspot_img

Disdikbud Sulbar Himbau Satuan Pendidikan Terima Peserta Didik Berkebutuhan Khusus

SULBARTERKINI.COM,MAMUJU–Kepala Bidang Sekolah Menengah Atas (SMA) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Prov. Sulbar Muh. Faezal mengatakan, Setiap Sekolah Tidak Boleh Menolak Peserta Didik Berkebutuhan Khusus – Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa. Setiap sekolah tidak lagi boleh menolak untuk menerima peserta didik atau Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

“Terutama yang inklusif, karena sekarang satuan pendidikan tidak boleh menolak lagi anak anak yang berkekurangan enggak boleh. Kebutuhan enggak boleh menolak harus mampu menerima itu banyak memang protes yang tidak paham. Bahwa tidak pada saat ada mendaftar di situ itu haknya pak mendaftar dan memang bisa masuk berdasarkan aturan zonasi dan lain lain,”terang Muh. Faezal, Minggu (3/12/2023).

Muh. Faezal meminta kepada seluruh kepala sekolah untuk memberikan fasilitas  yang layak  bagi siswa  Berkebutuhan Khusus agar tidak mengalami kendala dalam beraktifitas belajar dan bermain di sekolah.

“Maka sekolah itu harus menyiapkan. Maka itu bangunan bangunan baru di sekolah itu  disiapkan itu fasilitasnya  contonya ada jalannya  diberikan tanda khusus,” ucapnya.

Menurut Faezal, sekolah yang menyelenggarakan pendidikan inklusi harus menerapkan manajemen berbasis Sekolah. Selain itu, kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum yang berlaku sesuai kebutuhan peserta didik.

Tertuang dalam Pasal 6 Permen Diknas Nomor 70 Tahun 2009 tentang pendidikan inklusi, bagi peserta didik yang memiliki kelainan dan potensi kecerdasan atau bakat istimewa perlu diberikan bantuan alat pendidikan inklusi.

(Adv)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Terbaru