26.8 C
Mamuju
Friday, May 24, 2024
spot_imgspot_img

Bkkbn Sulbar Edukasi Program Genre di SMPN 5 Karampuang

Sulbarterkini.com,MAMUJU–Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Barat bersama Kepala Puskesmas Bambu melakukan Kunjungan ke SMPN 5 Karampuang dalam rangka Workshop Lifeskill bagi Fasilitator Kabupaten/Kota yang dirangkaikan dengan Pemberian Tablet Tambah Darah Bagi Remaja di Kabupaten Mamuju.

Dalam Sambutan nya Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Barat Rezky Murwanto, S. Kom., M. PH., menyampaikan dua hal pokok yaitu pentingnya pencegahan anemia dan pernikahan anak.

“Kami hadir disini dalam rangka memberikan edukasi akan pentingnya minum tablet tambah darah bagi remaja putri karena sudah mengalami masa haid sehingga dengan tablet tambah darah dapat mencegah terjadinya anemia. Selain itu melalui program Genre, kami berharap adik-adik nanti mulai menikah di usia 21 tahun bagi wanita dan 25 tahun bagi pria. Karena pada usia tersebut mental dan fisik seseorang bisa dikatakan sudah matang.” Lanjut Rezky. Rabu, (17/8/2023).

Sedangkan Kepala Puskesmas Bambu Nining Kurniati, S.Kep.Ns. Dalam Sambutannya juga menyampaikan pentingnya minum tablet tambah darah bagi Remaja Wanita. “Kami rutin melakukan edukasi dan pemberian tablet tambah darah bagi remaja di SMPN 5 Mamuju. Hal ini merupakan program ibu bupati Mamuju dalam rangka pencegahan anemia dan tentunya menurunkan angka stunting di Kabupaten Mamuju.” Ujarnya.

“Kamipun sangat menyambut baik kolaborasi ini dengan BKKBN dalam memberikan edukasi pentingnya minum tablet tambah darah dan edukasi pencegahan pernikahan dini kepada Remaja. Kami harapkan kolaborasi ini akan terus berlanjut kedepannya” Lanjut Nuning.

Sementara itu Kepala sekolah SMPN 5 Karampuang Usmanto, S.Pd., M.Pd berterima kasih atas kunjungan ke SMPN 5 Karampuang.

“Perkawinan usia anak menjadi masalah besar di wilayah kami. Tidak sedikit siswa-siswi kami tidak dapat melanjutkan sekolah dikarenakan pernikahan dini. Pulau Karampuang sendiri merupakan Penyumbang pernikahan usia dini cukup tinggi di Kabupaten Mamuju. Perlunya sosialisasi dan edukasi kepada Siswa-siswi kami dan masyarakat di Pulau Karampuang ini agar mereka sadar akan pentingnya menikah di usia matang. Kami juga menyambut baik program pemberian tablet tambah darah bagi siswi kami. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya Anemia bagi remaja” Ujar Usawanto.

Pada kegiatan ini sendiri disampaikan pentingnya minum tablet tambah darah untuk membantu memperbaiki tingkat hemoglobin dalam darah dan meningkatkan jumlah sel darah merah sehingga dapat mencegah kekurangan zat besi dan Anemia bagi remaja putri. Tidak hanya itu, pada kegiatan ini juga dilaksanakan aksi minum tablet tambah darah bersama oleh remaja putri yang dibimbing dan didampingi langsung oleh tenaga Kesehatan dari Puskesmas Bambu.

Kegiatan ini sendiri merupakan rangkaian kegiatan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Barat dalam kunjungan ke pulau Karampuang di Kabupaten Mamuju dan adapun peserta yang hadir yaitu sejumlah 90 siswa-siswi SMPN 5 Karampuang.(adv)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Terbaru